Tourism Alternative

Sejenak di Rumah Betang Lewa Hante

https://tourismalternative.blogspot.com/2013/08/sejenak-di-rumah-betang-lewa-hante.html

Sebagai seorang blasteran antara Dayak dan Banjar, antara Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan yang tinggal di Kalimantan Tengah, tahun ini kami sekeluarga berlebaran di Kalimantan Selatan di rumah nenek.
Saya sengaja mudik dengan menggunakaan motor agar di jalan bisa sekalian mampir untuk foto-foto. Salah satu spot yang harus di singgahi adalah perbatasan antara provinsi Kalteng dan Kalsel, di samping jalan tepat di tugu perbatasan ada sebuah rumah adat masyarakat Dayakk yaitu Rumah Betang. Sebenarnya bersisian dengan Rumah adat Kalimantan Selatan, Rumah Banjar, namun bangunan tersebut sedang di bangun kembali karena tidak terawat selama bertahun-tahun.
Betang Lewa Hante
Betang Lewa Hante, demikian situs ini dinamakan. Bangunan yang terbuat dari kayu terkeras di dunia ini sebenarnya hanyalah replika, bukan rumah betang dalam arti sesungguhnya yang dipakai untuk tinggal oleh suku dayak. Namun walau hanya replika tapi lengkap dengan aksesoris dan segala perlengkapannya.
Beberapa bangunan berdiri di atas tanah sekitar 2 hektar ini, ada panggung terbuka yang biasa dipakai untuk pertunjukan seni, penginapan, taman, serta tak lupa dua buah bangunan rumah betang yang salah satunya difungsikan sebagai musium.
Tampa dpan Rumah Betang
Di dalam musium yang tidak belum buka ketika saya berada disana ini katanya memiliki beberapa koleksi peninggalan jaman dahulu seperti pistol peninggalan perang, piring malawen, guci kuno, samurai jepang dan senjata tradisionak dayak lainnya seperti mandau dan tombak.

Beberapa keluarga yang kebetulan juga mampir di situ tampak melepas sepatu dan sendalnya untuk berjalan diatas batu yang disusun sedemikian rupa untuk terapi. Matahari yang mulai meninggi menandakan saya harus melanjutkan perjalanan menuju rumah saya yang masih berjarak sekitar 250 km.
Tangga yang juga terbuat dari kayu Ulin
Ukiran khas Dayak
Patung bawi dan hatue Dayak
Lepaskan alas kaki dan rasakan sensasinya!
Panggung terbuka tempat pertunjukan seni

Happy Responsible Travel!

0 komentar:

Posting Komentar

Support by: Informasi Gadget Terbaru - Dewa Chord Gitar | Lirik Lagu - Kebyar Info
Copyright © 2014 Tourism Alternative Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved