Tourism Alternative

Ngobrol Asik Bareng Indonesia Travel Chat (#IDTC)

https://tourismalternative.blogspot.com/2013/06/ngobrol-asik-bareng-indonesia-travel.html

Apaan sih #IDTC? Itu ada J.2 ada T.5 kode buat apaan?
Pertanyaan itulah yang muncul di twitter ketika timelinenya tiba-tiba penuh oleh hastag #IDTC pasa selasa malam. Yup, setiap malam rabu yang dimulai pada pukul 8 malam sampai selesai ada travel talk atau bahasa mudahnya obrolan tentang traveling, tapi setiap minggu akan ada tema yang berbeda.
Bermula dari obrolan santai dan gak jelas di grup Whatsapp ITB (Indonesian Travel Bloggers) tercetuslah ide untuk membuat sebuah obrolan tentang traveling seperti  travel talk yang sudah ada ( #ttot, #seetheworld, #tni, dll ) namun dengan bahasa Indonesia. Ada berbagai macam masukan nama untuk ini, namun akhirnya #IDTC dengan kepanjangan Indonesia Travel Chat lah yang terpilih.
Setiap minggu akan ada host atau yang melemparkan pertanyaan, dan biasanya akan dibantu oleh seorang co-host, karena kalau sendirian maka twitternya akan lebih rentan terkena over limit ketika me-reply dan me-retweet setiap twitter yang masuk sehingga tidak sempat untuk menyelesaikan sampai pertanyaan terakhir.
Cara ikutannya gimana sih?
Travel chat ini terbuka untuk semua kalangan alias tidak ada batasan siapa saja yang ingin seru-seruan dengan teman-teman yang tentunya satu hobi. Syaratnya cuma ada satu, yaitu wajib punya Twitter, karena ini adalah obrolan di Twitter jadi tidak mungkin untuk bergabung dengan menggunakan Facebook, apalagi menggunakan SMS.
Nah, ketika tiba pukul 20.00 WIB maka sang host akan mulai melemparkan pertanyaan pertama, dan di sinilah obrolan akan dimulai, kita tinggal menjawab pertanyaan dari di host atau cek langsung di hastag #IDTC . Eh, masih bingung juga? (yang nulis juga bingung sih). Oke kita langsung ke contoh.
Ketika si host melempar pertanyaan seperti “T1. Sebutkan travel blog favorite anda? Kenapa? #IDTC ” Kita tinggal jawab pertanyaan pertama ini dengan jawaban “J1. Saya paling suka www.backpackerboneo.com. Karena yang punya ganteng deh J #IDTC”
Nah, maksud T1 dan J1 ini adalah untuk pertanyaan (T) pertama maka ada kode T1, ketika pertanyaan kedua sudah muncul maka kodenya akan muncul T2 dan seterusnya, begitu juga dengan jawabannya, apabila kita menjawab dengan J4 berati kita menjawab (J) pertanyaan yang keempat dari sang host. Dan jangan lupa untuk menambahkan hastag #IDTC di belakang agar mudah ditemukan oleh yang lain.
Langkah selanjutnya adalah bersosialisasi dengan perserta lain, karena merasa jawaban kita tidak ada yang merespon jangan merasa kita dicuekin, cobalah untuk merespon jawaban peserta lain. Ikutlah ngobrol ngarul-ngidul dengan orang yang sudah ataupun belum kita kenal. (Eh, banyak yang jomblo juga loh J)
Kalau diibaratkan kita traveling ke suatu tempat yang baru tentunya kitalah yang  harus pro aktif terlebih dahulu dengan masyarakat setempat, menghormati local culture. Kalau kita baik tentunya masyarakat setempat pasti akan menyambut dengan baik menyambut kedangan kita, bahkan tidak jarang mereka akan menolong kita dengan segala kemampuan mereka.
Dari satu jawaban tidak jarang akan meluas hingga menjadi obrolan santai, dari yang lucu-lucu hingga membuat tesenyum sendiri, mengakibatkan galau yang jomblo atau bahkan obrolah khusus dewasa.
Tak terasa IDTC sudah berjalan beberapa minggu, walau masih baru namun yang ikutan semakin bertambah, berikut beberapa ringkasan IDTC sesuai temanya yang sudah diringkas dalam storify:
  1. #IDTC 30 April 2013 tema “Pantai” dengan host @munindohoy
  2. #IDTC 7 Mei 2013 tema “Street Food” dengan host @dewtraveler dan @viraindohoy
  3. #IDTC 14 Mei 2013 tema “Favourites” dengan host @traveljunkieID
  4. #IDTC 21 Mei 2013 tema “Pertualangan” dengan host @jalan2liburan & @timothywpawiro
  5. #IDTC 28 Mei 2013 tema “Traveling Buddy” dengan host @Ceritaeka
  6. #IDTC 4 Juni 2013 tema “Lovepacker” dengan host @lospacker
  7. #IDTC 11 Juni 2013 tema “Responsible Travel” dengan host @bekabuluh
  8. #IDTC 18 Juni 2013 tema “Herritage” dengan host @halimsan
  9. #IDTC 25 Juni 2013 tema "Akomondasi” dengan host @tesyablog
  10.  #IDTC 2 Juli 2013 tema "Travel Budgeting” dengan host @viraindohoy dan @munindohoy
  11.  #IDTC 9 Juli 2013 tema "Hike and Climb” dengan host @ayuskeptika
Dan jangan lupa minggu depan 16 Juli 2013, IDTC akan di host oleh @bpborneo dan @twitdebbzie dengan tema “Nyasar”, Ikutan yaaa!

Happy Responsible Travel!
Indra Setiawan (Follow @bpborneo)

0 komentar:

Posting Komentar

Support by: Informasi Gadget Terbaru - Dewa Chord Gitar | Lirik Lagu - Kebyar Info
Copyright © 2014 Tourism Alternative Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved