Tourism Alternative

Tips dan Itinerary Backpacking Ke Danau Labuan Cermin

http://tourismalternative.blogspot.com/2013/08/tips-dan-itinerary-backpacking-ke-danau.html

Apa itu Danau Labuan Cermin?
Danau labuan Cermin adalah sebuah danau super jernih yang mempunyai dua kandungan air di dalamnya, yaitu air tawar dan air asin. Kedua air ini tidak pernah tercampur satu sama lain, air asin yang terletak di bagian bawah tidak pernah naik ke permukaan melewati air tawar yang melindunginya.
Dimana?
Danau dua rasa ini terletak di desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, kalimantan Timur. Untuk mencapai kecamatan Biduk-biduk dibutuhkan waktu sekitar 6-7 jam perjalanan darat dari Kota Tanjung Redeb.
Danau Labuan Cermin
Bagaimana menuju kesana?
Untuk menuju kesana kita anggap saja titik pertemuan ada di Kota Balikpapan. Ada banyak maskapai nasional yang melayani penerbangan dari kota besar di Indonesia Seperti Jakarta, Surabaya, Makassar, Banjarmasin dan lain-lain menuju Balikpapan.
Dari Balikpapan bisa dilanjutkan dengan jalur darat dengan rute : Balikpapan-Samarinda dengan bus (Rp. 35.000-45.000) , Samarinda-Tanjung Redeb dengan travel seperti Avanza atau Xenia (Rp. 250.000-300.000), Tanjung Redeb-Biduk-biduk dengan travel juga(Rp. 130.000) atau ada juga travel yang lansung dari Samarinda menuju Biduk-biduk.
Satu satunya kelemahan jalur ini adalah jaraknya yang jauh, langsung dari Samarinda-Biduk-biduk saja ditempuk sekitar 20 jam, apalagi kalau harus memutar melewati kota Tanjung Redeb. Otomatis kalau ingin melewati jalur ini haruslah mempunyai waktu yang bannyak dan fisik yang tangguh.
Nah, bagi yang ingin lebih cepat bisa dari Balikpapan langsung menuju Berau (Tanjung Redeb) dengan menggunakan pesawat, dari Tanjung Redeb menuju Biduk-biduk bisa dengan menggunakan mobil travel jengan jarak tempuh sekitar 6-7 jam seperti diatas.
Sesampainya di Desa Biduk-biduk untuk menuju Danau labuan cermin ini anda cukup menuju desa Labuan Kelambu, sesampainya di jembatan kayu maka langsung naik ke kapal yang tersedia di sini untuk menuju Danau. Tarif sekali jalan adalah Rp. 100.000 per perahu.
CP:
Travel Samarinda-Berau: 081347257555/082149128933
Travel Berau-Biduk-biduk: (Punya Penginapan Sevlia) 082149699710, Pak Darwis 081346519275
Travel Samarinda-Biduk-biduk: 081253877799
Pantai di Biduk-biduk
Tinggal dimana disana?
Ada banyak penginapan sampai hotel kelas melati di Desa Biduk-biduk, Dari yang bertarif Rp.80.000 sampai dengan Rp. 250.000. Salah satu rekomendasi saya adalah Hotel Selvia, hotel ini masih baru dengan fasilitas lengkap hanya Rp. 175.000 per malamnya.
Bagi rombongan backpacker yang ingin lebih hemat juga bisa tinggal di pondokannya Ibu Hj. Zumaidah yang biasa dipakai oleh para pemancing, biasanya mereka bayar Rp. 100.000 untuk satu minggu. Nah bagi yang hanya tinggal beberapa hari bisa langsung nego.
CP:
Hotel Selvia: 081258802020 / 081347838155
Hj. Zumaidah: 081251009250
Tips Tambahan
-          Listrik hanya menyala pada malam hari, jadi manfaatkan untuk mengisi penuh baterai  peralatan elektronik anda.
-          Bawalah alat snorkeling, walaupun ada penyewaan disini namun kondisinya sudah memprihatinkan
-          Ada banyak pantai indah, pilihlah mana yang kalian sukai untuk bersantai.
-          Masyarakat di sana sangat ramah, jadi berbaurlah.
-          Jangan memberi uang kepada anak kacil dengan cuma-cuma.
-          Bawalah sampah kembali dan bualang di tempat sampah, jangan kotori keindahan dengan sampah yang kita tinggalkan.
Teluk Sulaiman
Contoh Itinerary:
Hari Pertama: Pagi-pagi langsung ke Danau Labuan cermin, dan siangnya bisa menikmati pantai-panntai di sepanjang Biduk-biduk atau menuju Teluk Sulaiman.
Hari Kedua: Hopping island ke Pulau  Kaniungan besar dan pulau Kaniungan kecil yang mempunyai keindahan bawah laut yang masih asri, sayangnya belum ada Dive Centre di daerah ini.
Hari Ketiga: Menyusuri Teluk Sumbang yang katanya juga mempunyai beberapa spot keren seperti air terjun, pantai dan perkampungan suku Dayak.
Demikian tips dan rancangan itenerary bagi sobat backpacker yang ingin mengujnjungi Danau Labuan Cermin di Kecamatan Biduk-biduk. Semoga bermanfaat.

Untuk cerita perjalanan dan menuju Danau Labuan Cermin bisa dibaca di sini dan di sini.
Happy Responsible Travel!

0 komentar:

Posting Komentar

Support by: Informasi Gadget Terbaru - Dewa Chord Gitar | Lirik Lagu - Kebyar Info
Copyright © 2014 Tourism Alternative Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved