Tourism Alternative

[Foto] Lampok dan Tempoyak, Cara Lain Menikmati Durian

http://tourismalternative.blogspot.com/2012/09/foto-lampok-dan-tempoyak-cara-lain.html



Murung Raya kebanjiran durian ketika musimnya tiba, saking banyaknya satu biji hanya dihargai sampai Rp. 2.500, selain dimakan langsung masyarakat juga mengolahnya kedalam bentuk lain. Yang paling umun adalah dijadikan yang penganan yang namanya “Lampok” dan “Tempuyak”.


Untuk membuat Tempuyak cukup mudah, hanya dikupas dari bijinya kemudian daging durian tersebut ditempatkan dalam wadah khusus, makin lama makin enak rasanya. Cara penyajiannya bisa langsung sebagai lauk ketika makan ataupun dengan dioseng dengan sayuran lain sesuai kreatifitas.


Sedangkan pengolahan Lampok lebih membutuhkan “kerja keras”, setelah dikupas dari dari bijinya kemudian dagingnya dimasukan kedalam “Kawah” atau wajan besar kemudian terus diaduk-aduk tanpa berhenti  sampai kurang lebih 4 jam, ketika daging durian yang asalnya berwarna putih berubah menjadi coklat itu artinya Lampok sudah jadi dan masak.


Untuk satu “Kawah” atau wajan bisa sampai satu kaleng besar  bekas minyak goreng, cukup ditambah dengan sedikit gula dan garam sebagai bumbunya. Api yang berbahan kayu bakar harus selalu terjaga jangan sampai telalu kecil ataupun terlalu besar.


Biji hasil kupasan durian tadi masih bisa dimanfaatkan. Dengan direbus bisa dijadikan penganan yang gurih, dinikmati dengan secangkir kopi di pagi hari nikmatnya bukan main. Selain itu bisa dijadikan bahan untuk permainan, ketika kecil dulu biji durian ujungnya kita lobangi kemudian diatasnya kita tancapkan sejenis “Taji”. Cara mainnya salah satu biji durian menunggu di atas tanah dan biji durian lainya yang memecahkannya dengan cara dibenturkan dari atas. Namun sekarang tak terlihat lagi anak-anak memainkannya.
Eh, kulit durian juga bisa dimanfaatkan loh, buat garuk belakang kalau gatal..:-) 

0 komentar:

Posting Komentar

Support by: Informasi Gadget Terbaru - Dewa Chord Gitar | Lirik Lagu - Kebyar Info
Copyright © 2014 Tourism Alternative Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved