Tourism Alternative

Indonesia Bersatu Untuk Komodo (Refleksi Sumpah Pemuda)

http://tourismalternative.blogspot.com/2011/10/indonesia-bersatu-untuk-komodo-refleksi.html

Pada 82 tahun silam para pemuda yang terdiri dari utusan Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Indonesia, Sekar Rukun, Jong Islamieten Bond, Jong Batak, Jong Celebes, Jong Ambon, Pemuda Kaum Betawi, dan beberapa utusan lain berkumpul dalam Kongres Pemuda II, dan tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928 mereka menyatakan sepakat untuk mencetuskan Sumpah Pemuda.
Rumusan Sumpah Pemuda itu ditulis Yamin pada sebuah kertas ketika Mr Sunario, sebagai utusan kepanduan tengah berpidato pada sesi terakhir kongres. Sebagai sekretaris, Yamin yang duduk di sebelah kiri ketua menyodorkan secarik kertas kepada Soegondo, sembari berbisik, "Saya punya rumusan resolusi yang elegan."
Soegondo membaca rumusan resolusi itu, lalu memandang Yamin. Yamin membalas pandangan itu dengan senyuman. Spontan Soegondo membubuhkan paraf "Setuju". Selanjutnya Soegondo meneruskan usul rumusan itu kepada Amir Sjarifuddin yang memandang Soegondo dengan mata bertanya-tanya. Soegondo mengangguk-angguk. Amir pun memberikan paraf "Setuju". Begitu seterusnya sampai seluruh utusan organisasi pemuda menyatakan setuju.
Sumpah itu berbunyi:
Kami putera dan puteri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, Tanah Indonesia.
Kami putera dan puteri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia.
Kami putera dan puteri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.
Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin. Setelah disahkan, ikrar pemuda itu pun menjadi tonggak bersatunya bangsa Indonesia. "Yaminlah yang mengubah kata Ikrar menjadi Sumpah," kata sejarawan Anhar Gonggong.
Merah Putih selalu berkibar
Demikianlah sekitar tentang lahirnya sumpah pemuda yang kemudian selalu dirayakan setiap tangga 28 Oktober setiap tahunnya, namun selebrasi semata tanpa adanya wujud tindakan nyata hanyalah sebuah tindakan sia-sia. Sudah sepantasnya kita sebagai pemuda penerus bangsa Indonesia melakukan sesuatu bagi nusa dan bangsa kita ini.
Salah satu wujud nyata tindakan yang bisa kita lakukan adalah dengan mendukung Pulau Komodo untuk menjadi 7 keajaiban dunia yang baru, karena kalau pulau yang termasuk dalam wilayah Taman Nasional Komodo ini bisa menjadi pemenang New Seven Wonder of Nature maka dampaknya bagi pariwisata Indonesia akan sangat besar, kunjungan turis mancanegara yang meningkat akan berdampak kepada kemajuan daerah sekitarnya.
Tidak hanya hewan purba dengan nama latin Varanus komodoensis yangmana merupakan kadal terbesar di dunia,, tetapi masih banyak keajaiban lain yang bisa kita temui di sana, seperti:
·         Taman Nasional Komodo yang berdiri 1980 merupakan satu-satunya wilayah konservasi dimana didalamnya terdapat habitat asli satwa purbakala endemik Komodo.
·         Selain Komodo terdapat 25 spesies hewan darat dan burung yang dilindungi, juga flora langka seperti Kayu hitam (Diospyros javanica) dan bayur (Pterospermum diversifolium).
·         Merupakan Situs Warisan Dunia dan Cagar Biosfir oleh UNESCO sejak tahun 1986
·         Kondisi alamnya unik, terdapat ekosistem pantai, ekosistem hutan bakau, ekosistem padang rumput, ekosistem hutan hujan tropis,  ekosistem air laut, dan ekosistem savanna dalam satu wilayah Taman Nasional Komodo
·         Terdapat komunitas hutan mangrove/ bakau  yang berguna sebagai penghalang atau benteng fisik alami terhadap erosi dan akarnya menjadi tempat pembiakan dan daerah perlindungan bagi kepiting,udang dan moluska
·         Di kawasan ini anda dapat menjumpai 253 spesies terumbu karang yang merupakan salah satu pesona biota terindah didunia, ditambah lagi 1.000 spesies ikan yang menambah semarak panorama laut.
·         Bagi anda yang gemar berwisata bahari,  disini anda dapat berenang, snorkeling, menyelam atau pun berjemur menikmati keunikan hamparan pasir merah dengan bebatuan berwarna-warni yang luar biasa indah di Pink Beach, salah satu kawasan andalan di TNK. 
·         Anda dapat menjelajahi Goa Alam Batu Cermin sepanjang 200 meter dimana terdapat aneka rupa staglatit dan staglamit yang masih terpelihara dengan baik. Disini juga anda dapat menemukan sejumlah fosil terumbu karang dan penyu yang telah membatu. Fosil ini memberi isyarat bahwa Goa Batu Cermin merupakan bagian dari palung laut pada masa lampau. Dinamakan Batu Cermin karena batu-batunya memancarkan kemilau sinar yang sangat indah.
·         Di pulau Komodo terdapat sejumlah suku yang hidup berdampingan sejak ratusan tahun silam dengan reptil raksasa yaitu Suku Modo.
TN Komodo

Namun sangat disayangkan sekarang  ini justru pengunjung TN Komodo dari Pemuda dan Pemudi Indonesia masih kalah banyak oleh pengunjung dari luar negri,  menurut data pengunjung dari Taman Nasional Komodo January-September 2011, Foreigner 14.720 persons, Indonesian 2.459 persons. Ayo kita sebagai pemuda Indonesia mendukung Pulau Komodo dengan sepenuh hati, selain dengan ikut voting juga dengan mengunjunginya. Alasan belum bisa ke Taman Nasional Komodo karena mahal?, ah itu alasan yang klasik, kalau kita berusaha kita past bisa, buktinya saya yang hanya backpacker kere dan pengangguran pun bisa ke sana. Mainset masyarakat Indonesia bahwa Liburan harus ke luar negeri itulah yang harus di rubah, Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau menyediakan tempat liburan yang lengkap bagi kita, dari pantai, bawah laut, gunung sampai belanja. Buat apa keluar negri kalau bisa di negri sendiri.
Salah satu cara untuk memenangkan Pulau Komodo ada mengikuti voting di websitenew7wonder dengan cara di bawah ini:
1.       Masuk ke alamat url website new7wonder ini (kopi-paste alamat ini) :
http://www.new7wonders.com/community/en/new7wonders/new7wonders_of_nature/voting
2.       pilih 7 lokasi alam, dan KOMODO salah satunya
(usahakan jangan pilih pesaing berat komodo).
3.       Klik "continue to step 2"
4.       Isi data anda termasuk email
  
5.       Klik terima "term and condition"
6.       Isikan kode verifikasi sesuai gambar yang muncul di layar.
7.       Klik "register"
8.       Buka email anda

9.       Buka surat konfirmasi dari New7Wonder

10.    Klik link yang diberikan dalam email tersebut.
Kalau berhasil, Anda akan masuk kehalaman step 5,
yang menyatakan kalau voting yang Anda lakukan telah berhasil.
Seperti pada gambar dibawah ini.

Kalau Anda punya email lebih dari satu, Anda bisa lakukan vote sebanyak email yang Anda punya. Silakan gunakan nama lain, asal nama email anda tidak boleh sama.
Selain itu kita juga bisa mendukung dengan cara mengirimkan sms, Caranya mudah! Ketik: KOMODO ; Kirim ke: 9818. Sekarang ini semua operator telepon hampir menggratiskan biaya pengiriman smsnya, hanya dengan Rp. 1,- per smsm.
Kita butuh minimal 120 juta suara!! Jadi dukungan suara anda sangat dinantikan untuk meloloskan Komodo menjadi 7 besar nominator. Kirim terus sms dan polling suara anda melalui situswww.new7wonders.com hingga 11-11-2011 mendatang.
Ayo Pemuda Indonesia ajak semua teman, saudara, keluarga, kolega anda untuk berpartisipasi vote for Komodo!!

0 komentar:

Posting Komentar

Support by: Informasi Gadget Terbaru - Dewa Chord Gitar | Lirik Lagu - Kebyar Info
Copyright © 2014 Tourism Alternative Design by SHUKAKU4RT - All Rights Reserved